Influenza Si Penyakit Mudah Menular

July 30, 2012, kadekanie

Influenza atau sering disebut dengan flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini mudah menular karena penularannya lewat udara.

Gejala flu biasanya muncul secara tiba-tiba, seperti demam, sakit kepala, badan terasa lemas, batuk kering, sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan berair, dan badan pegal-pegal. Pada anak-anak juga dapat diikuti dengan kelainan saluran pencernaan seperti mual, muntah, dan diare. Namun gejala ini tidak terdapat pada orang dewasa.
Komplikasi yang terjadi dapat disebabkan oleh infeksi tambahan termasuk bakteri pneumonia, karena dehidrasi, dan kondisi lain yang memperparah keadaan seperti mengidap diabetes, asma, dan kelainan jantung. Anak-anak sering mendapat masalah pada sinus dan infeksi telinga sebagai komplikasi dari flu. Manula diatas 65 tahun atau pasien yang masih anak-anak, dan penderita yang memiliki penyakit kronis berisiko tinggi mengalami komplikasi flu.
Waktu dari seseorang terpapar virus hingga munculnya gejala adalah satu sampai empat hari, dengan rata-rata dua hari. Sedangkan periode seseorang dapat menularkan penyakitnya ke orang lain bervariasi untuk tiap usia. Penularan sudah mulai terjadi dari sebelum penderita merasa sakit, yang berlanjut hingga tiga sampai tujuh hari setelah timbul gejala pertama pada orang dewasa. Sedangkan pada anak-anak dapat lebih dari satu minggu.

Prinsip dasar dari pencegahan penyakit flu adalah meningkatkan kekebalan / imunitas diri, disamping pemberian obat-obatan untuk mengurangi gejala yang timbul. Dengan daya tahan tubuh yang optimal, meskipun suatu saat kita terpapar/berkontak dengan virus tersebut namun kondisi tubuh bisa dengan cepat melakukan perlawanan sehingga flu bisa cepat sembuh tanpa mengalami komplikasi penyakit lainnya.

Usaha-usaha yang bisa kita lakukan, adalah :

1. Mengkonsumsi buah-buahan, dan sayur-sayuran yang cukup. Dalam buah-buahan tersebut terkandung zat gizi/vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Berolahraga yang rutin dan adekuat. Lebih baik melakukan latihan 5 kali seminggu dengan kadar yang cukup daripada satu atau dua kali seminggu dengan olahraga yang tergolong berat.

3. Bagi yang sudah menderita, hormatilah lingkungan sekitarnya dengan cara mencegah penularan virus flu misalnya bersin sambil menutup hidung dengan saputangan atau tisu, bercakap-cakap seminimal mungkin.

4. Rajinlah mencuci tangan karena seperti diketahui virus flu ini bisa menular via percikan ludah pada saat orang batuk, bersin maupun berbicara. Virus ini pun bisa terdapat di tangan penderita, maupun di tempat-tempat bekas jamahan tangan penderita yang sudah mengandung virus influensa tersebut.

5. Beristirahatlah yang cukup agar tubuh tetap fit, dan jauhilah stress.

6. Jika memang usia maupun kondisi tubuh Anda ada dalam kelompok resiko tinggi, pikirkan penggunaan vaksin flu untuk mencegah terkena virus ini.

Source : Medical Kalbe

Related Posts with Thumbnails

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *