Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak Kita

October 16, 2010, kadekanie

Tentunya merupakan keinginan semua orangtua untuk memiliki anak yang cerdas dan pintar, yang bisa dibanggakan, berprestasi di sekolah dan meraih sukses di dalam hidupnya. Akan tetapi tidak semua keinginan orangtua tersebut bisa dipenuhi, karena kepandaian dan kecerdasan anak dipengaruhi oleh banyak faktor.

Salah satu faktornya adalah asupan makanan bagi si anak terutama asupan zat gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Pada umur 0 sampai dengan 5 tahun otak anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal atau biasa disebut dengan masa keemasan (GOLDEN AGE), sehingga di masa-masa itu asupan zat gizi khususnya bagi otak sangat penting untuk diperhatikan sehingga nantinya si anak memiliki kemampuan otak yang baik.

Otak merupakan salah satu organ yang “lapar” atau membutuhkan banyak asupan gizi oleh karena itu apabilan kita menginginkan anak kita cerdas dan pandai, kita sebagai orang tua harus memperhatikan asupan makanan bagi si kecil terutama di masa keemasannya atau GOLDEN AGE.

Bahan makanan yang merupakan asupan yang berkualitas bagi otak si anak antara lain :

  1. IKAN, baik ikan laut (khususnya ikan salmon) maupun ikan air tawar merupakan bahan makanan yang baik bagi pertumbuhan otak karena mengandung omega-3, asam lemak DHA dan EPA
  2. TELUR, merupakan sumber protein yang bagus, selain itu kuning telur mengandung Kolin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan daya ingat otak
  3. KACANG-KACANGAN, merupakan sumber vitamin E, antioksidan, tiamin yang berguna meningkatkan kemampuan otak
  4. GANDUM atau NASI, otak membutuhkan glukosa yang konstan yang bisa dipenuhi oleh gandum atau nasi, selain itu gandum atau nasi juga mengandung vitamin B
  5. BUAH-BUAHAN, khususnya strawberi, blueberrie, atau buah-buahan yang berwarna, dimana buah-buahan tersebut mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan mengandung vitamin C
  6. KACANG KEDELAI,  yang terkandung dalam tahu dan tempe mempunyai kandungan protein yang tinggi, karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral
  7. SAYUR-SAYURAN, wortel, tomat, bayam dan sayuran yang berwarna banyak mengandung antioksidan yang menguatkan dan menyehatkan sel otak.
  8. SUSU, banyak mengandung protein dan vitamin B yang berguna bagi perkembangan otak si anak
  9. DAGING, mengandung protein, zat besi dan mineral yang berguna untuk meningkatkan daya ingat otak.

Dengan dikonsumsinya bahan-bahan makanan tersebut diatas kita sebagai orang tua bisa berharap bahwa anak kita akan menjadi anak yang pandai dan cerdas.

Related Posts with Thumbnails cipro side effects in elderly online cialis tamoxifen cost cialis vs viagra viagra without a doctor prescription viagra activate finasteride side effects cialis without a doctor’s prescription buy generic viagra lowest cialis prices what bacteria does ciprofloxacin kill acyclovir 800 mg 5 times a day how long for lexapro to work acyclovir 800mg escitalopram side effects escitalopram nebenwirkungen levitra prezzo in farmacia viagra from canada side effects of lexapro in women viamedic cialis cialis coupons from manufacturer cialis effects cialis testimonials levitra 20 mg zovirax for cold sores finasteride for hair loss cialis price cialis cost cipro antibiotic cialis daily ciprofloxacin nebenwirkungen lexapro dosages viagra tesco viagra substitute cialis side effects cialis 20mg acyclovir for shingles ciprofloxacin 500 mg acyclovir 800 mg for shingles cipro side effects of acyclovir viagra dosage cialis pills for sale cialis pricing discount cialis cialis for bph free viagra cipro antibiotics 200 cialis coupon what is ciprofloxacin cialis from canada free cialis azithromycin vs erythromycin what does finasteride do cialis canada azithromycin and alcohol cialis canadian pharmacy cialis coupon levitra 20 mg von bayer azithromycin uses finasteride 5 mg tab what works better than viagra lexapro weight gain levitra 20mg cost per pill finasteride hair loss ciprofloxacin eye drops levitra rezeptfrei deutschland thuoc azithromycin over the counter viagra finasteride 5mg discount viagra ciprofloxacin 250mg generic viagra generic cialis at walmart viagra for sale uk viagra vs cialis azithromycin pregnancy category azithromycin for pneumonia viagra alternatives lexapro side effects men azithromycin medscape acyclovir 200mg ciprofloxacin 500mg antibiotics side effects finasteride acyclovir viagra ohne rezept auf rechnung side effects of finasteride what is cipro cialis alternative ciprofloxacin dose azithromycin 250 mg treatment ciprofloxacin hcl lexapro 10mg lexapro generic cost of viagra viagra prices levitra coupons acyclovir side effects lexapro side effects in men cialis 20mg directions acyclovir cream cialis dosage strengths escitalopram 10 mg para que sirve cialis 30 day sample buy generic levitra azithromycin side effects cyalis finasteride medication zoloft vs lexapro viagra bestellen lexapro and weight loss tamoxifen side effects in women over 55 propecia lexapro 20mg acyclovir 400 mg ciprofloxacin hcl 500 mg tab escitalopram 10 mg generic lexapro cipro 500 buy levitra online viagra for women escitalopram 10mg finasteride tablets viagra tablets order viagra acyclovir vs valacyclovir canadian cialis acyclovir 800 mg tamoxifen ciprofloxacin hcl 500 mg how does cialis work viagra tablet what is finasteride used for viagra on line no prec what is lexapro for viagra alternative ciprofloxacin drops is ciprofloxacin a penicillin is azithromycin cheap levitra tamoxifen and foods to avoid acyclovir dosage ciprofloxacin 500mg tablets generic for cialis ciprofloxacin drug class sex viagra for women side effects of finasteride 5mg ciprofloxacin ophthalmic solution revatio vs viagra generic levitra vardenafil 20mg buy levitra natural viagra acyclovir dosing levitra coupon withdrawal from lexapro generic cialis viagra generico viagra without a doctor prescription usa viagra single packs cipro dosage cipro for uti viagra 50mg side effects of viagra lexapro side effects viagra price acyclovir dosage for cold sores cialis trial azithromycin drug class is tamoxifen chemotherapy nolvadex finasteride vs dutasteride what does azithromycin treat ciprofloxacin uses cialis reviews azithromycin dosage what is tamoxifen used for acyclovir ointment 5 cialis 5mg daily cialis vs viagra cialis samples overnight what is cialis cialis coupons printable ciprofloxacin 500mg viagra coupon lexapro and weight gain in women azithromycin tablets ciprofloxacin 500 liquid cialis zovirax cream cialis 10 mg azithromycin 250 ciprofloxacin bnf viagra for men azithromycin tablet levitra without a doctor prescription ciprofloxacin hydrochloride ciprofloxacin dosage cilias viagra vs cialis vs levitra azithromycin coverage cialis 5mg levitra vs viagra zovirax cialis copay card what is acyclovir used for vardenafil 20mg azithromycin 500 mg how does viagra work ciprofloxacin for dogs zithromax 500 mg how long for azithromycin to take effect cialis patent expiration what is finasteride azithromycin three times a week buy viagra online ciprofloxacin 250 mg azithromycin 500mg lexapro bula canadian viagra finasteride and enlarged prostate lexapro generic name viagra side effects daily cialis azithromycin class cipro and tendonitis ciprofloxacin 500mg antibiotics tamoxifen bijwerkingen azithromycin pediatric dosing cialis 30 day trial coupon levitra bayer 20mg meilleur prix cheap cialis finasteride long term effects what is azithromycin for propecia side effects zovirax ointment levitra 10 mg prezzo viagra sex cialis generic tadalafil what is azithromycin used for what is acyclovir for levitra dosage cialis generic availability equipe argentine viagra buy cialis utilisation viagra viagra generic cialis tadalafil ciprofloxacin coverage levitra 20mg cialis prices zithromax antibiotic azithromycin 500 finasteride 5mg side effects viagra 100mg viagra receptfritt cialis for sale finasteride dosage viagra wiki finasteride 5 mg azithromycin 250mg zithromax z-pak acyclovir dose post finasteride syndrome what is lexapro viagra cialis acyclovir 400mg cost of cialis finasteride efectos secundarios ciprofloxacin side effects in women cialis savings card cialas lexapro coupons cialis patent expiration 2017 when will cialis go generic finasteride 5mg side effects mayo clinic women viagra ciprofloxacin side effects after age 60 antibiotic ciprofloxacin what is cipro used for how does lexapro work cialis patent expiration date extended pfizer viagra canada cialis lexapro dosing is lexapro a controlled substance escitalopram effets secondaires ciprofloxacin spc what does ciprofloxacin 500mg treat what is ciprofloxacin used for levitra vs viagra cialis dosage viagra sans ordonnance ciprofloxacin does lexapro cause weight gain lexapro 10 mg cipro side effects finasteride for women cialis pills levitra prices escitalopram tamoxifen and weight gain viagra medicine azithromycin cost tamoxifen langzeitfolgen buying viagra how to get off lexapro cialis voucher first few days on lexapro lexapro medication cialis medication erectile dysfunction cialis azithromycin 250mg tablets 6 pack cialis for daily use side effects lexapro tamoxifen side effects in women tamoxifen nebenwirkungen best price viagra viagra generic cialis online ciprofloxacin hcl 500 mg side effects how does acyclovir work pfizer viagra coupons from pfizer online viagra ciprofloxacin used for viagra 100mg tablets retail price lexapro female viagra acyclovir ointment effects of stopping finasteride cialis free trial viagra pillen kruidvat vardenafil vs viagra lexapro benefits for women how to wean off lexapro zithromax weaning off lexapro azithromycine eg 500 mg bijsluiter how much does cialis cost price cialis lexapro overdose celexa vs lexapro lexapro side effects in women viagra wikipedia viagra online azithromycin for strep throat azithromycin 250 mg cialis tadalafil how to use viagra azithromycin pregnancy lexapro manufacturer website finasteride permanent side effects cialis coupon 20 mg viagra coupons what is cipro usually prescribed for buy viagra finasteride 5mg tab cipro drug class azithromycine 250 mg ciprofloxacin side effects cialis dosage recommendations side effects of azithromycin 250 mg canada viagra what is escitalopram azithromycin eye drops viagra nebenwirkungen viagra 100 mg levitra online zithromax dosage tamoxifen therapy azithromycin without a doctor’s prescription cheap viagra viagra cost viagra pill lexapro withdrawal symptoms ciprofloxacin class lexapro vs wellbutrin levitra 20 mg cost walmart sophia viagra what is acyclovir viagra natural cialis for men what does viagra do azithromycin 500 erfahrungen viagra for sale levitra generic finasteride 1mg azithromycin for uti lexapro para que sirve generic levitra side effects of ciprofloxacin ciprofloxacin hydrochloride ophthalmic side effects of tamoxifen escitalopram 20 mg side effects of lexapro acyclovir medication viagra costs how to wean off lexapro without withdrawals viagra en ligne livraison 24h lexapro 5mg lexapro reviews wellbutrin and lexapro what is lexapro used for azithromycin liquid where to buy viagra finasteride effets secondaires generic for lexapro tamoxifen and bone pain finasteride side effects in men viagra soft viagra pills ciprofloxacin 500 mg for urinary tract infection lexapro withdrawal cialis 5 mg is azithromycin penicillin cialis website wholesale cialis what is ciprofloxacin prescribed for levitra 20 mg precio farmacia cialis what does ciprofloxacin treat cealis side effects of cialis cialis discount lexapro vs celexa azithromycin 5 day dose pack cialis otc lexapro dosage side effects of ciprofloxacin 500 mg ciprofloxacin dosierung azithromycine viagra canada side effects of lexapro 10 mg cipro uses cialis generic cialis sample common side effects of ciprofloxacin 500 mg cipro dangers zovirax dosage azithromycin z pak cialis for women effects of stopping lexapro suddenly cialis or viagra cialis coupons 2017 viagra uk herbal viagra cialis coupon print tamoxifen side effects viagra ohne rezept aus deutschland tamoxifen interaction lexapro and wellbutrin combination therapy levitra cialis cheap stopping lexapro levitra vs viagra for hardness cialis professional viagra samples how long does viagra last what is tamoxifen cialis samples lexapro and weight gain lexapro vs zoloft tamoxifen lawsuits escitalopram oxalate what infections does ciprofloxacin treat viagra 100 viagra on line cialis 20 mg cialis pharmacy prices lexapro for anxiety azithromycin viagra effects tamoxifen citrate zovirax pills finasteride results viagra kaufen levitra erfahrungen cialis coupons finasteride reviews ciprofloxacin 500 mg tabletten acyclovir for cold sores viagra vs cialis 9 levitra at walmart viagra vs cialis vs levitra side effects of azithromycin what is azithromycin generic viagra 100mg cialis on line buy cialis online what is viagra how to take cialis

Related Posts with Thumbnails

Tags: , ,

23 Responses to Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak Kita

  1. sarah on July 25, 2011 at 3:28 am

    memang susu bagus ya buat anak ….tp anakku ga suka susu yg manis makanya bingung juga cari susu yg ga begitu manis apa ya ??

    • olivols on July 25, 2011 at 10:58 pm

      ada sih Bun.. tapi ga boleh nyebut merk sayangnya.. hehehehe

  2. susande on July 25, 2011 at 3:40 am

    yang penting makanan yang tdk terlalu banyak diolah berbahan kimia pasti bagus utk otak anak

  3. Karina on July 25, 2011 at 5:03 am

    benar sekali, memang umur2 segitu masa golden age yah. makanya mesti benar2 dijaga asupannya, Tapi tidak boleh berlebihan juga, apalagi karbo, MSG dan gula…

  4. sheila on July 25, 2011 at 5:46 am

    makanan 4 sehat 5 sempurna yah, tp susunya juga harus diliat loh jangan sampai pilih susu yg banyak mengandung banyak gula tambahan

    • Maya safira on July 25, 2011 at 5:49 am

      Setuju…kalau terpaksa mesti beli yang instan mesti perhatikan label makanannya yah

    • olivols on July 25, 2011 at 10:57 pm

      setuju banget…

  5. clara on July 25, 2011 at 5:48 am

    oh otak juga butuh glukosa yah, tp bukannya klo kebanyakan juga ga baik? Bisa sebabkan obesitas kan?

    • rissa on July 25, 2011 at 6:33 am

      iya kita memang perlu gula dlm tubuh tapi jgn kebanyakan…..apapun yg berlebihan pasti hasilnya ga bagus….makanya harus jaga pola makan dan hidup seimbang supaya ga obesitas 🙂

  6. Mega on July 25, 2011 at 6:05 am

    anakku susah sekali kalau makan buah2an, kalau di potongin susah bgt, di juice juga ga mau minum. susah deh, tapi kalau sirup bauh sih ga usah dibilang lagi minumnya lebih cepet daripada minum susu, hanya yang seperti itu kan banyak mengandung gula tambahan, takut nantinya kencing manis lagi.

    • olivols on July 25, 2011 at 10:57 pm

      coba aja dari pisang bun.. Anak saya pertama kali makan buah pisang, abis itu saya coba kasih potongan kecil apel, alhamdulillah sekarang dan doyan buah lainnya seperti semangka, pear, jeruk..

  7. Erni on July 25, 2011 at 6:21 am

    mesti perhatikan asupan si kecil jangan sampai makan, makanan yang sembarangan, harus yang sehat dan bergizi, makanan yang simple yang bisa kita siapkan dirumah tapi sehat untuk keluarga kita aja.

  8. Tia on July 25, 2011 at 6:28 am

    ternyata makanan yang harus disajikan ga terlalu susah ya, mudah didapet dan di proses hanya saja kita mesti pintar2 prosesnya jangan sampai si kecil ga suka dan ga makan.

  9. vania on July 25, 2011 at 6:40 am

    selain makanan dan minuman yg baik untuk otak anak, kita sbg ortunya juga harus tau cara menstimulasinya agar anak kita pintar….

  10. tika on July 25, 2011 at 6:40 am

    thanks ya untuk info nya, kadang suka bingung apakah anak ku sudah makan makanan yang mencukupi gizi untuk seusianya. kalau begini aku bisa tenangan, anakku untungnya bukan tipe yang rewel.

  11. Triana on July 25, 2011 at 7:32 am

    bagus dong kalo anaknya ga suka susu yg manis.. kan skrg ada susu yg tanpa gula tambahan.. malah lebih sehat krn gizinya bs nyerap tanpa menggendutkan..

  12. Yuyu on July 25, 2011 at 7:34 am

    kan glukosa dibutuhkan jg ada batasnya mom.. segala sesuatu kan kalo berlebihan jadinya ga baik.. makanya secukupnya aja..

  13. linda tsuji on July 25, 2011 at 10:59 am

    iya bener tuh, anakku juga minum susu yang no added sugar itu..jadi aku ga khawatir lagi..karena anakku kan agak susah makan, nah sebagai penggantinya aku berikan dy susu lebih banyak..tapi kan serem juga kalau kasih susu yang banyak kandungan gulanya, bisa bikin anak jadi obesitas

  14. miranthy on July 25, 2011 at 11:00 am

    ada yah bun susu yang no added sugar??? share infonya dong bun…

    • olivols on July 25, 2011 at 10:56 pm

      saya lagi nyari info2nya nih Bun.. kalo saya dah dapet infonya, insya allah saya share disini ya bun

  15. puspa on July 25, 2011 at 12:34 pm

    anak memang membutuhkan gizi yg komplit untuk menunjang tumbuh kembangnya..
    saya selalu berusaha memberikan anak 4 sehat 5 sempurna.
    susu yg saya berikan ke anak, yg kandungan gulanya 0 gram,agar gigi anak tetap terawat dan tidak memicu obesitas pada anak..

  16. amarilis on July 25, 2011 at 12:54 pm

    memberikan gizi pada anak juga tidak boleh berlebih,karena akan dapat menyebabkan kegemukan/obesitas..
    jika anak obesitas maka akan dapat menghambat tumbuh kembangnya,belum lagi dampak psikologis pada anak..
    jadi sebaiknya dari sejak usia dini,jaga asupan gula dalam konsumsi harian anak untuk mengurangi resiko obesitas

  17. linda on July 25, 2011 at 1:17 pm

    pembentukan otak itu dimulai dari anak masih dalam kandungan..jadi ibu harus menjaga apa yg dikonsumsi nya dari sejak mengandung..
    salah satunya menjaga konsumsi gula agar tidak berlebih,karena bisa menyebabkan anak kegemukan dan bisa menghambat perkembangan otaknya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *