Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak Kita

October 16, 2010, kadekanie

Tentunya merupakan keinginan semua orangtua untuk memiliki anak yang cerdas dan pintar, yang bisa dibanggakan, berprestasi di sekolah dan meraih sukses di dalam hidupnya. Akan tetapi tidak semua keinginan orangtua tersebut bisa dipenuhi, karena kepandaian dan kecerdasan anak dipengaruhi oleh banyak faktor.

Salah satu faktornya adalah asupan makanan bagi si anak terutama asupan zat gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Pada umur 0 sampai dengan 5 tahun otak anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal atau biasa disebut dengan masa keemasan (GOLDEN AGE), sehingga di masa-masa itu asupan zat gizi khususnya bagi otak sangat penting untuk diperhatikan sehingga nantinya si anak memiliki kemampuan otak yang baik.

Otak merupakan salah satu organ yang “lapar” atau membutuhkan banyak asupan gizi oleh karena itu apabilan kita menginginkan anak kita cerdas dan pandai, kita sebagai orang tua harus memperhatikan asupan makanan bagi si kecil terutama di masa keemasannya atau GOLDEN AGE.

Bahan makanan yang merupakan asupan yang berkualitas bagi otak si anak antara lain :

  1. IKAN, baik ikan laut (khususnya ikan salmon) maupun ikan air tawar merupakan bahan makanan yang baik bagi pertumbuhan otak karena mengandung omega-3, asam lemak DHA dan EPA
  2. TELUR, merupakan sumber protein yang bagus, selain itu kuning telur mengandung Kolin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan daya ingat otak
  3. KACANG-KACANGAN, merupakan sumber vitamin E, antioksidan, tiamin yang berguna meningkatkan kemampuan otak
  4. GANDUM atau NASI, otak membutuhkan glukosa yang konstan yang bisa dipenuhi oleh gandum atau nasi, selain itu gandum atau nasi juga mengandung vitamin B
  5. BUAH-BUAHAN, khususnya strawberi, blueberrie, atau buah-buahan yang berwarna, dimana buah-buahan tersebut mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan mengandung vitamin C
  6. KACANG KEDELAI,  yang terkandung dalam tahu dan tempe mempunyai kandungan protein yang tinggi, karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral
  7. SAYUR-SAYURAN, wortel, tomat, bayam dan sayuran yang berwarna banyak mengandung antioksidan yang menguatkan dan menyehatkan sel otak.
  8. SUSU, banyak mengandung protein dan vitamin B yang berguna bagi perkembangan otak si anak
  9. DAGING, mengandung protein, zat besi dan mineral yang berguna untuk meningkatkan daya ingat otak.

Dengan dikonsumsinya bahan-bahan makanan tersebut diatas kita sebagai orang tua bisa berharap bahwa anak kita akan menjadi anak yang pandai dan cerdas.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , ,

23 Responses to Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak Kita

  1. sarah on July 25, 2011 at 3:28 am

    memang susu bagus ya buat anak ….tp anakku ga suka susu yg manis makanya bingung juga cari susu yg ga begitu manis apa ya ??

    • olivols on July 25, 2011 at 10:58 pm

      ada sih Bun.. tapi ga boleh nyebut merk sayangnya.. hehehehe

  2. susande on July 25, 2011 at 3:40 am

    yang penting makanan yang tdk terlalu banyak diolah berbahan kimia pasti bagus utk otak anak

  3. Karina on July 25, 2011 at 5:03 am

    benar sekali, memang umur2 segitu masa golden age yah. makanya mesti benar2 dijaga asupannya, Tapi tidak boleh berlebihan juga, apalagi karbo, MSG dan gula…

  4. sheila on July 25, 2011 at 5:46 am

    makanan 4 sehat 5 sempurna yah, tp susunya juga harus diliat loh jangan sampai pilih susu yg banyak mengandung banyak gula tambahan

    • Maya safira on July 25, 2011 at 5:49 am

      Setuju…kalau terpaksa mesti beli yang instan mesti perhatikan label makanannya yah

    • olivols on July 25, 2011 at 10:57 pm

      setuju banget…

  5. clara on July 25, 2011 at 5:48 am

    oh otak juga butuh glukosa yah, tp bukannya klo kebanyakan juga ga baik? Bisa sebabkan obesitas kan?

    • rissa on July 25, 2011 at 6:33 am

      iya kita memang perlu gula dlm tubuh tapi jgn kebanyakan…..apapun yg berlebihan pasti hasilnya ga bagus….makanya harus jaga pola makan dan hidup seimbang supaya ga obesitas :)

  6. Mega on July 25, 2011 at 6:05 am

    anakku susah sekali kalau makan buah2an, kalau di potongin susah bgt, di juice juga ga mau minum. susah deh, tapi kalau sirup bauh sih ga usah dibilang lagi minumnya lebih cepet daripada minum susu, hanya yang seperti itu kan banyak mengandung gula tambahan, takut nantinya kencing manis lagi.

    • olivols on July 25, 2011 at 10:57 pm

      coba aja dari pisang bun.. Anak saya pertama kali makan buah pisang, abis itu saya coba kasih potongan kecil apel, alhamdulillah sekarang dan doyan buah lainnya seperti semangka, pear, jeruk..

  7. Erni on July 25, 2011 at 6:21 am

    mesti perhatikan asupan si kecil jangan sampai makan, makanan yang sembarangan, harus yang sehat dan bergizi, makanan yang simple yang bisa kita siapkan dirumah tapi sehat untuk keluarga kita aja.

  8. Tia on July 25, 2011 at 6:28 am

    ternyata makanan yang harus disajikan ga terlalu susah ya, mudah didapet dan di proses hanya saja kita mesti pintar2 prosesnya jangan sampai si kecil ga suka dan ga makan.

  9. vania on July 25, 2011 at 6:40 am

    selain makanan dan minuman yg baik untuk otak anak, kita sbg ortunya juga harus tau cara menstimulasinya agar anak kita pintar….

  10. tika on July 25, 2011 at 6:40 am

    thanks ya untuk info nya, kadang suka bingung apakah anak ku sudah makan makanan yang mencukupi gizi untuk seusianya. kalau begini aku bisa tenangan, anakku untungnya bukan tipe yang rewel.

  11. Triana on July 25, 2011 at 7:32 am

    bagus dong kalo anaknya ga suka susu yg manis.. kan skrg ada susu yg tanpa gula tambahan.. malah lebih sehat krn gizinya bs nyerap tanpa menggendutkan..

  12. Yuyu on July 25, 2011 at 7:34 am

    kan glukosa dibutuhkan jg ada batasnya mom.. segala sesuatu kan kalo berlebihan jadinya ga baik.. makanya secukupnya aja..

  13. linda tsuji on July 25, 2011 at 10:59 am

    iya bener tuh, anakku juga minum susu yang no added sugar itu..jadi aku ga khawatir lagi..karena anakku kan agak susah makan, nah sebagai penggantinya aku berikan dy susu lebih banyak..tapi kan serem juga kalau kasih susu yang banyak kandungan gulanya, bisa bikin anak jadi obesitas

  14. miranthy on July 25, 2011 at 11:00 am

    ada yah bun susu yang no added sugar??? share infonya dong bun…

    • olivols on July 25, 2011 at 10:56 pm

      saya lagi nyari info2nya nih Bun.. kalo saya dah dapet infonya, insya allah saya share disini ya bun

  15. puspa on July 25, 2011 at 12:34 pm

    anak memang membutuhkan gizi yg komplit untuk menunjang tumbuh kembangnya..
    saya selalu berusaha memberikan anak 4 sehat 5 sempurna.
    susu yg saya berikan ke anak, yg kandungan gulanya 0 gram,agar gigi anak tetap terawat dan tidak memicu obesitas pada anak..

  16. amarilis on July 25, 2011 at 12:54 pm

    memberikan gizi pada anak juga tidak boleh berlebih,karena akan dapat menyebabkan kegemukan/obesitas..
    jika anak obesitas maka akan dapat menghambat tumbuh kembangnya,belum lagi dampak psikologis pada anak..
    jadi sebaiknya dari sejak usia dini,jaga asupan gula dalam konsumsi harian anak untuk mengurangi resiko obesitas

  17. linda on July 25, 2011 at 1:17 pm

    pembentukan otak itu dimulai dari anak masih dalam kandungan..jadi ibu harus menjaga apa yg dikonsumsi nya dari sejak mengandung..
    salah satunya menjaga konsumsi gula agar tidak berlebih,karena bisa menyebabkan anak kegemukan dan bisa menghambat perkembangan otaknya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *