Memilih Susu Formula yang Baik

February 22, 2011, kadekanie

Anda pasti akan memberikan susu formula yang terbaik untuk anak anda. Oleh karena itu anda harus lebih selektif dalam memilih susu formula untuk anak. Susu yang baik untuk anak tidaklah harus mahal atau yang mereka sukai. Susu formula yang baik itu adalah yang sesuai dan dapat diterima oleh sistem tubuh anak.

Berikut ini beberapa tips   memilih susu formula yang baik untuk anak :

1.       Pilihlah susu formula yang kandungan nutrisinya lebih lengkap. Sebelum anda membeli susu formula, anda bisa cek label kandungan nutrisi susu tersebut. Anda juga bisa membandingkan kandungan nutrisi beberapa jenis susu.

2.       Sebelum membeli susu formula, anda harus terlebih dahulu mengenali sifat dan karakter anak anda. Apabila anak anda mempunyai karakter yang aktif, anda bisa memilih susu yang sesuai.

3.       Jangan asal meniru susu formula yang dibeli orang. Anda harus benar-benar mengenal anak anda agar anda tidak salah memberikan susu formula. Setiap anak mempunyai reaksi berbeda terhadap merk susu tertentu. Jika anak anda tidak cocok dengan susu formula maka anak anda akan mengalami diare.

Jangan menggonta ganti susu formula.  Jika anak anda sudah cocok dengan suatu merk susu, jangan mengganti merk susunya lagi. Apabila anda suka menggonta ganti susu formula anak karena alasan harga atau ingin mencoba susu baru, itu pilihan yang tidak tepat. Sering mengganti susu formula akan menyebabkan anak anda diare. Anak yang sering mengalami diare akan mengalami gangguan pertumbuhan.

Related Posts with Thumbnails

Tags: ,

30 Responses to Memilih Susu Formula yang Baik

  1. Karina on July 12, 2011 at 3:44 pm

    Terima kasih infonya mba.
    Saya sendiri memberikan susu formula yang nutrisinya cukup lengkap dan yang pasti sih gak ada gula tambahannya.
    Toh anak saya sudah aktif jadi saya rasa tidak perlu lagi energi nya ditambah…

    • bunda aliya on April 22, 2012 at 1:20 am

      bunda boleh share gk sufornya apa? thank u

  2. agni on July 13, 2011 at 5:22 am

    memilih susu formula yg tepat adalah dgn cara membaca kolom nutrisi dan mencicipi rasanya sebelum kasi ke anak dan yg penting jgn kelewat manis krn anak masi sering minum susu dan tetap perlu makan nasi dll

  3. camill on July 13, 2011 at 5:25 am

    aku uda dapat susu formula yg tepat buat anakku…krn menurutku slain rasanya ga neko” alias enak dan ga kelewat manis jadi anakku minumnya juga suka banget

  4. cynthia on July 13, 2011 at 6:25 am

    anakku ga suka manis jadinya aku cari susu yg ga terlalu manis

  5. susan on July 13, 2011 at 6:27 am

    kalo biar anakku ga obesitas pake susu apa ya ?

  6. vgmerry on July 13, 2011 at 6:40 am

    aku termasuk yg suka menggontaganti susu anak, tp selama ini anakku ga diare sih malah yg ada seringnya sembelit, apa itu artinya ga cocok susu yah? Ktnya susu sebaiknya kan ga manis2, jd aku pilih yg plan, yg gulanya paling dikit

  7. sheila on July 13, 2011 at 6:43 am

    aku sih ga berani gonta ganti susu anak, takutnya amalh ga cocok, sejak lahir anakku minum asi, setelah lepas asi aki kasih anmum essential karna susunya ga terlalu manis jd anakku minumnya banyak karna ga eneg, dan aku pikir minumbanyak juga aman2 aja karna tanpa gula tambahan

  8. jeane on July 13, 2011 at 7:00 am

    kalo sekarang sepertinya ada tuh ya inovasi yang baru.. yang katanya no added sugar yah.. :)
    jadi lebih mudah deh dalam memilih sufor.. :D

  9. ghia on July 13, 2011 at 7:02 am

    wah saya baru tau loh susu formula itu beda2 yah nutrisinya?
    yang saya baru tau, kalau sekarang susu formula banyak yang ditambahkan gula…wiii…malah bikin anak makin ndut2 ajah ^^

  10. Maya safira on July 13, 2011 at 7:19 am

    makasih yah infonya.
    apalagi sekarang susu juga suka ditambah gula lagi.
    tapi untungnya sekarang susu formula udah ada yang tanpa gula tambahan

  11. grace on July 13, 2011 at 8:04 am

    Jangan asal meniru susu formula yang dibeli orang. Anda harus benar-benar mengenal anak anda agar anda tidak salah memberikan susu formula. Setiap anak mempunyai reaksi berbeda terhadap merk susu tertentu. Jika anak anda tidak cocok dengan susu formula maka anak anda akan mengalami diare. >> ohhh… pantesan.. anakku koq jadi diare… trus cara nemuin susu yang cocok buat anak gimana donk? masa kudu ganti2an nyoba gitu? >.<

  12. irene on July 13, 2011 at 8:43 am

    iya kita cari susu yang ga mengandung gula tambhan juga kali ya agar ga bikin anak kita obesitas

  13. Regina on July 13, 2011 at 9:21 am

    aku sih percaya sm susu formula yg tanpa gula tambahan, karena gak kepingin nantinya anakku berbadan gedaaaaaa.. jaga2 dari balita, hehehe..

  14. Triana on July 13, 2011 at 9:27 am

    makanya susunya yg no added sugar dong biar meminimalkan segala resiko..

  15. yuning on July 13, 2011 at 10:34 am

    kalau aku memilih susu formula yang nutrisinya lengkap dan kadar gulanya 0 gram..soalnya untuk membatasi jumlah gula yang dikonsumsi anak biar anakku gak sampai obesitas..

  16. goldie on July 13, 2011 at 11:05 am

    aku juga selalu membiasakan untuk membaca tabel kandungan nutrisi sebelum memberikannya ke anak..biasanya selain kelengkapan nutrisinya,aku juga perhatiin kadar gula dalam susunya..
    soalnya kadar gula yang tinggi dalam susu bisa menyebabkan karies gigi,obesitas bahkan diabetes..

  17. puspa on July 13, 2011 at 11:17 am

    aku dulu sempet bingung susu formula seperti apa yg cocok buat anak..tapi pas ketemu anmum essential,aku udah gak bingung lagi deh..soalnya selain nutrisinya lengkap, nggak ada kandungan gulanya juga..
    jadi gigi anak bisa lebih sehat dan gak terlalu beresiko obesitas..karena obesitas kan bisa terjadi gara2 terlalu banyak konsumsi gula..

  18. linda tsuji on July 13, 2011 at 11:30 am

    aku sempat beberapa kali mengganti susu formula anakku karena kelihatannya anakku ga cocok, sempat sembelit bun..trus denger2 juga dari temen juga bisa membuat anak jadi obesitas karena kadar gula tambahan yang berlebihan..ngeri juga kan kalau begitu..jadi sekarang ini sih anakku minum susu formula yang tidak ada kandungan gula tambahannya dan sepertinya cocok karena tidak mengalami masalah sembelit lagi

    • demiku on January 10, 2014 at 7:08 am

      boleh tahu merknya ap mbak… soalnya anakku (2th 7bln) minumnya dancow 1+ madu, bab nya keras terus…..terimakasih

      • kadekanie on February 7, 2014 at 12:05 pm

        Dear Bunda Demi
        Kami memang tidak menyebutkan merk susu bunda, karena memang tidak menjurus ke jenis merk susu tertentu. Jika BAB keras bisa dicoba dengan tambahan sayur dan buah. Biasanya pembarian pepaya dan alpukat bisa membantu. Kebetulan anak saya pernah menggunakan dancow juga dan BAB seperti biasa. Semoga membantu..

  19. miranthy on July 13, 2011 at 11:33 am

    satu lagi bun yang harus diperhatikan sebelum membelikan susu formula untuk anak kita, cek dulu seberapa banyak kandungan gula tambahannya untuk menghindari resiko terkena obesitas

  20. anissa zhafira on July 13, 2011 at 11:37 am

    apakah memilih susu bisa ditentukan dari sifat dan karakter anak??? contohnya seperti apa dan bagaimana??

  21. Yedi on September 14, 2012 at 8:24 am

    Apakah ada susu formula yang tidak ada kandungan gulanya bau susunya tidak tajam? mohon berbagi informasi
    Trims

    • kadekanie on September 17, 2012 at 9:29 am

      Pak Yedi, gula dalam susu formula dapat dilihat pada kandungan susu tersebut. Selain disebut dengan gula, kadang disebut juga glukosa atau fruktosa. Untuk merk susu yang tidak mengandung gula kami belum pernah melakukan pengamatan. Sedangkan untuk bau susu yang tidak tajam, itu tergantung dari selera masing-masing anak. Semoga membantu

  22. ricka on April 11, 2013 at 12:38 pm

    Mohon pencerahannya dong..anku berusia sebulan..lhir dgn cara operasi..jd anku sejak lahir asupannya ASI+sufor..stlh 1 bln tiba2 tidk menyukai sufor..sdgkn ASI ku tdk terlalu bnyak..sdh 3x saya mengganti sufor..tp smpai sekrg msih jg susah minum sufor..jd saya mohon solusi sufor apa yang bs membuat ank saya menyukainya..

    • kadekanie on April 19, 2013 at 3:56 am

      Jika masih dibawah 6 bulan usahakan berikan ASI bunda
      Banyak minum dan makanan bergizi sehingga ASI bunda lebih banyak dan jangan berpikir negatif bahwa ASI bunda sedikit atau kurang untuk si baby karena bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar bunda.
      Jika terpaksa menggunakan sufor, untuk pemilihannya kami tidak bisa memberikan saran karena reaksi tiap baby berbeda-beda.
      Ada baiknya bunda berkonsultasi dengan dokter anak dan ahli laktasi.
      Maaf jika tidak banyak membantu.

  23. kadekanie on April 19, 2013 at 3:56 am

    Jika masih dibawah 6 bulan usahakan berikan ASI bunda
    Banyak minum dan makanan bergizi sehingga ASI bunda lebih banyak dan jangan berpikir negatif bahwa ASI bunda sedikit atau kurang untuk si baby karena bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar bunda.
    Jika terpaksa menggunakan sufor, untuk pemilihannya kami tidak bisa memberikan saran karena reaksi tiap baby berbeda-beda.
    Ada baiknya bunda berkonsultasi dengan dokter anak dan ahli laktasi.
    Maaf jika tidak banyak membantu.

  24. ida on December 24, 2013 at 6:02 am

    anakku sekarang usianya 1 tahun,sufornya saya ganti ketahap yg selanjutnya.tp sepertinya babyku diare,apa itu tandanya tidak cocok??padahal merk sufornya sama cuma ganti tahap yg selanjutnya,mohon kasih penjelasannya..trims

    • kadekanie on February 7, 2014 at 12:03 pm

      Dear Mbak Ida,
      Penyebab diare harus diselidiki lagi mbak, belum tentu karena mengganti sufor. Coba dicatat apa saja yang dikonsumsi oleh baby selain sufor tersebut. Jika memang makanan yang dikonsumsi adalah makana seperti biasa, hanya sufor saja yang diganti, mungkin masih adaptasi dengan kandungan sufor yang baru. Untuk lebih jelasnya bunda bisa konsultasi langsung dengan ahli gizi atau DSA ya. Maaf tidak banyak membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *