Sampai Usia Berapa Bayi Diberikan ASI?

September 17, 2012, kadekanie

ASI merupakan makanan dan minuman terbaik bagi bayi terutama untuk bayi 0-6 bulan. Setelah itu dapat diberikan bersama-sama dengan makanan pendamping ASI (MPASI) hingga berusia kurang lebih 2 tahun. Namun terkadang banyak mitos menyebutkan bahwa kandungan ASI setelah 6 bulan mulai menurun sehingga banyak juga Bunda yang berhenti memberikan ASI pada usia 6 bulan ke atas dan menggantinya dengan susu formula dimana kandungannya begitu hebat sesuai dengan janji-janji iklan di media.

Sampai usia berapakah sebenarnya ASI dapat diberikan dan apakah kandungan ASI memang lebih rendah dibandingkan dengan susu formula?

ASI boleh diberikan sampai kapan saja, karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda, seperti halnya susu sapi untuk anak sapi. Susu formula sekarang sudah banyak ditambahkan zat-zat yang menyerupai kelengkapan zat yang ada di ASI namun tetap saja belum dapat menyamai ASI, karena masih banyak yang kurang, antara lain zat penangkal penyakit dan hormon.

Jadi Bunda dapat menyusui sampai anak berusia kurang lebih 2 tahun. Sejak usia 6 bulan bayi perlu memperoleh makanan pendamping ASI, karena kebutuhan bayi sudah meningkat sehingga ASI saja hanya memenuhi sekitar 60% kebutuhan bayi. Setelah usia satu tahun, ASI hanya memenuhi kebutuhan bayi sekitar 30%, sehingga makanan padat sudah menjadi makanan utama. Sekalipun begitu, ASI tetap dianjurkan sampai 2 tahun atau lebih, karena nilai gizinya yang baik dan memiliki zat penangkal penyakit (kekebalan tubuh).

Related Posts with Thumbnails

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *