Tips Atasi Ketombe

August 19, 2011, kadekanie

Apa yang anda lakukan jika mengetahui di kulit kepala anda ada serpihan-serpihan putih yang disebut ketombe?

Apakah anda stress, menggaruknya dan berharap dengan cara seperti itu semua ketombe akan hilang, atau segera membuang koleksi pakaian hitam anda karena takut menggunakannya?

 

Dibawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi ketombe.

  • Keramas setiap hari

Membersihkan rambut secara teratur setiap hari merupakan cara yang paling mudah. Adapun tujuannya ialah untuk membuang sebanyak mungkin minyak dan serpihan dari kulit kepala Anda.

  • Mengganti shampoo

Bila shampooo yang sedang Anda gunakan tidak mampu melenyapkan ketombe yang menetap di kulit kepala Anda, meskipun sudah keramas setiap hari, Anda harus menggantinya dengan shampoo anti ketombe. Temukan shampoo anti ketombe yang mengandung seng pirition, selenium sulfida, sulfur, atau asam salisilat.

  • Ganti bila sudah tidak cocok

Anda harus rela untuk mengganti shampoo anti ketombe yang anda pakai bila memang sudah tidak ampuh lagi. Berhubung jangka pemakaiannya yang sudah lumayan lama, tubuh anda mungkin telah membentuk faktor kekebalan terhadap zat aktif shampoo tersebut. Untuk mudahnya, anda dapat menggunakan 3 merek shampoo anti ketombe yang berbeda dengan penggunaan yang diputar setiap bulan. Bulan pertama dengan merek A, bulan kedua dengan merek B, dan seterusnya.

  • Membilas dua kali

Keramas yang pertama ditujukan untuk membersihkan timbunan minyak dan serpihan-serpihan di rambut dan kulit kepala anda, serta memberi tempat agar keramas kedua bisa memberikan manfaat lebih besar. Biarkan keramas yang kedua selama 5 menit sebelum dibilas, sehingga zat aktif shampoo dapat menembus sel-sel kulit dan beraksi.

  • Hindari Menggaruk-garuk kulit kepala

Anda harus berusaha agar tidak menggaruk-garuk kulit kepala anda. Mengapa? Karena garukan kuku-kuku jari anda secara berulang kali dapat membuat kulit kepala anda terluka. Namun jika kulit kepala anda telah terluka, anda harus beralih ke jenis shampoo yang lembut, seperti shampoo bayi untuk sementara waktu.

  • Hilangkan keringat

Sehabis bekerja berat atau berolahraga, mandi dan keramaslah dengan segera. Keringat yang dikeluarkan oleh tubuh anda dapat mengganggu kulit kepala dan mempercepat proses pelepasan sel-sel kulit kepala.

  • Kurangi penggunaan pengatur rambut

Anda tidak perlu berhenti memakai pengatur rambut, seperti mousse, hair spray dan gel. Namun anda harus mengurangi penggunaannya. Mengapa? Karena produk-produk seperti itu dapat membantu menumpuknya minyak di kulit kepala.

  • Kurangi stres

Mereka yang senantiasa berada di bawah tekanan berat ternyata memiliki ketombe yang lebih banyak. Stres yang dialami seseorang ternyata memiliki pengaruh terhadap proses pelepasan sel-sel kulit kepala. Jadi, kurangilah kadar stres dalam kehidupan anda.

  • Shampoo Ter

Bila berbagai jenis shampoo anti ketombe sudah tidak mempan lagi, anda terpaksa harus mencoba shampoo yang mengandung ter, yang sudah terbukti selama 200 tahun sebagai senjata terakhir. Ter dapat mengurangi produksi sel secara efektif. Namun kekurangan shampoo ini ialah aromanya yang tidak sedap dan dapat mengubah warna rambut.

Bila semua cara di atas tetap tidak mampu untuk mengatasi ketombe yang anda derita, anda disarankan untuk segera berkonsulatasi kepada seorang dokter ahli kulit.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *